Ads 468x60px

Kamis, 14 Mei 2015

Tata Nama Alkana

Metana
Metana merupakan gas yang terbentuk oleh adanya ikatan kovalen antara empat atom H dengan satu atom C.Metana merupakan suatu alkanaAlkana secara umum mempunyai sifat sukar bereaksi (memiliki afinitas kecil) sehingga biasa disebut sebagai parafin. Sifat lain dari alkana adalah mudah mengalami reaksi pembakaran sempurna dengan oksigen menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O) dengan reaksi:
CH4(g) + O2(g) -> CO2(g) + H2O(g) 

Di mana kita bisa menemukan gas metana?

Metana merupakan gas yang tidak berwarna, sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi metana dapat diidentifikasi melalui indra penciuman karena baunya yang khas. Sebenarnya gas metana berada di sekitar kita. Beberapa di antaranya akan saya sebutkan di sini. 
  • Metana dapat ditemukan pada kotoran hewan seperti sapi, kambing, domba, babi, unggas
  • Selain pada kotoran, hewan memamah biak juga menyuplai gas metana melalui proses sendawa
  • Metana juga ditemukan pada kotoran manusia
  • Gas elpiji yang kita gunakan juga mengandung ags metana
Etana
Etana adalah gas hidrokarbon yang terbuat dari minyak bumi. Etana adalah yang kedua (pertama adalah metana) dalam serangkaian senyawa hidrokarbon petrokimia sederhana dalam keluarga senyawa terkait bernama ‘Alkana’, yang semuanya memiliki fitur yang hanya berisi ikatan tunggal antara atom karbon. Alkana (juga dikenal sebagai parafin atau hidrokarbon jenuh) adalah senyawa kimia yang terdiri hanya dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Empat Pertama alkana utama adalah metana, etana, propana, dan butana. Setelah metana, etana merupakan komponen terbesar kedua gas alam. Gas alam dari ladang gas yang berbeda bervariasi dalam volume konten etana mulai kurang dari 1% hingga lebih dari 6%.
Propana
Propana adalah senyawa alkana tiga karbon ( C3H8) yang berwujud gas dalam keadaan normal, tapi dapat dikompresi menjadi cairan yang mudah dipindahkan dalam kontainer yang tidak mahal. Senyawa ini diturunkan dari produk petroleum lain pada pemrosesan minyak bumi atau gas alam. Propana umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin, barbeque ( pemanggang) , dan di rumah-rumah.
Dijual sebagai bahan bakar, propana dikenal juga sebagai LPG ( liquified petroleum gas - gas petroleum cair) yang dapat berupa campuran dengan sejumlah kecil propena, butana, dan butena. Kadang ditambahkan juga etanetiol sebagai bahan pemberi bau agar dapat digunakan sebagai deteksi jika terjadi kebocoran. Di Amerika Utara, komposisi utama LPG adalah propana ( paling tidak 90% ) , dengan tambahan butana dan propena. Ini adalahstandar HD5, yang awalnya dibuat terutama untuk bahan bakar kendaraan.

Butana
Butana, juga dikenal sebagai n-Butana, adalah alkana bercabang un-terdiri dari empat atom karbon. Butana adalah istilah kolektif juga digunakan untuk mendefinisikan n-butana bersama dengan isobutana isomer satu-satunya. Isomer senyawa yang isomerisasi menunjukkan orientasi serupa.
Butana adalah gas mudah terbakar yang layak dapat dicairkan. Hal ini tidak berwarna dan tidak berbau. Karakteristik terakhir menciptakan beberapa masalah, karena sangat inflamasi dan tidak dapat dideteksi sendiri dalam hal kebocoran. Oleh karena itu butana dalam bentuk cair adalah dicampur dengan odourants.

Pentana
Pentana adalah sebuah senyawa organik dengan rumus kimia C5H12 — yaitu, alkana dengan 5 atom karbon. Rumus kimia ini dapat merujuk untuk ketiga isomer strukturnya sesuai dengan tatanama IUPAC, tapi, pentana yang dimaksud disini adalah hanya untuk isomer n-pentana saja, dua yang lain disebut "metil butana" dan "dimetil propana". Siklopentana bukanlah isomer dari pentana.
Pentana pada umumnya digunakan sebagai campuran bahan bakar dan juga dipakai sebagai bahan pelarut di laboratorium. Ciri-ciri senyawa ini sangat mirip dengan butana dan heksana.

Heptana
n-Heptana adalah senyawa hidrokarbon alkana rantai lurus dengan rumus kimia H3C(CH2)5CH3 atau C7H16. Ketika digunakan sebagai campuran bahan bakar pada mesin tes anti-ketukan, bahan bakar yang mengandung 100% heptana mempunyai angka oktan sebesar nol (angka oktan 100 adalah bensin yang mengandung 100% iso-oktana). Angka oktan ini menunjukkan bagaimana kualitas bensin yang digunakan dengan melihat perbandingan heptana dan isooktana.

Heksana
Heksana adalah sebuah senyawa hidrokarbon alkana dengan rumus kimia C6H14 (isomer utama n-heksana memiliki rumus CH3(CH2)4CH3). Awalan heks- merujuk pada enam karbon atom yang terdapat pada heksana dan akhiran -ana berasal dari alkana, yang merujuk pada ikatan tunggal yang menghubungkan atom-atom karbon tersebut. Seluruh isomer heksana amat tidak reaktif, dan sering digunakan sebagai pelarut organik yang inert. Heksana juga umum terdapat pada bensin dan lem sepatu, kulit dan tekstil.

Oktana
Oktana adalah senyawa hidrokarbon jenis alkana dengan rumus kimia C8H18. Oktana mempunyai banyak jenis isomer struktur yang perbedaannya terletak pada jumlah dan lokasi percabangan dari rantai karbonnya. Salah satu isomernya, 2,2,4-trimetilpentana(isooktana) adalah komponen utama pada bensin dan digunakan pada penghitungan bilangan oktan.

Nonana
Nonana adalah senyawa hidrokarbon linear berjenis alkana dengan rumus molekul C9H20.
Nonana mempunyai 35 isomer strukturTripropilena merupakan senyawa yang terdiri dari gabungan 3 isomer nonana.

Dekana
Dekana merupakan senyawa hidrokarbon berjenis alkana dengan rumus molekul CH3(CH2)8CH3
Dekana mempunyai 75 isomer struktur,[2] semuanya berbentuk cairan dan mudah terbakar. Dekana merupakan salah satu komponen pada bensin. Seperti alkana lainnya, senyawa ini nonpolar sehingga tidak akan bercampur dengan senyawa polar sepertiair. Mempunyai tegangan permukaan sebesar 0,0238 N·m−1.[3]

0 komentar:

Posting Komentar